Internet adalah ruang terbuka lebar dengan begitu banyak jenis situs web dan konten di luar sana untuk dijelajahi. Sebagai seorang desainer web, sangat membantu untuk mengetahui jenis situs web yang paling populer dan mana yang menawarkan peluang terbaik bagi Anda untuk mendesain untuk klien. Anda akan melihat bagaimana beberapa mungkin lebih cocok untuk lepas daripada yang lain. Mari selami 12 jenis situs web paling populer. 

Situs web portofolio

Mungkin situs web pertama yang Anda buat sebagai desainer adalah situs web portofolio Anda sendiri. Situs web portofolio digunakan untuk menampilkan dan mempromosikan contoh karya seseorang di masa lalu. Sebagian besar digunakan oleh mereka yang bekerja di bidang kreatif, situs portofolio pada dasarnya adalah resume visual. Ini menunjukkan keahlian Anda sebagai seorang kreatif dan menunjukkan karya terbaik Anda dengan harapan dapat menarik calon klien atau pemberi kerja.

Karena kontennya tidak terlalu rumit, Anda dapat memilih untuk merancang dan mengembangkan situs web Anda sendiri dengan Webflow , alat untuk membantu Anda membuat situs web khusus. Tetapi ada juga banyak layanan di luar sana seperti Squarespace atau Wix yang memudahkan siapa saja untuk membuat situs web portofolio dengan cepat dan mudah. Anda membayar biaya bulanan atau tahunan untuk menggunakan alat pembuat situs web dan menyimpannya di platform mereka. Mereka bisa mahal untuk dipelihara tetapi mereka biasanya menawarkan beberapa tingkat layanan pelanggan untuk membantu dengan pertanyaan dan masalah yang mungkin timbul yang membuatnya layak untuk dibayar.

Ketika datang untuk merancang situs web portofolio, langit adalah batasnya. Setiap situs portofolio harus unik dan mencerminkan perancang atau pencipta karya tersebut. Tetapi hal terpenting untuk diingat adalah membiarkan pekerjaan bersinar. Alih-alih memiliki desain situs web yang rumit dengan animasi yang mewah, Anda ingin membuat klien dan pemberi kerja potensial kagum dengan pekerjaan Anda dan membimbing mereka untuk menghubungi Anda untuk layanan Anda. Jadi, Anda mungkin ingin bersandar pada tata letak desain minimal untuk memungkinkan karya berbicara sendiri dan mempromosikan pengalaman pengguna yang baik.

Situs web pribadi

Tujuan dari situs web pribadi adalah persis seperti itu, pribadi. Mungkin bukan untuk menjual sesuatu atau mempromosikan pekerjaan tetapi hanya untuk memposting dan berbagi pemikiran. Sering kali dapat menampilkan blog, mungkin resume satu halaman dengan tautan ke platform sosial lain, atau apa pun yang ingin dibagikan seseorang. 

Sebagai seorang desainer web, Anda mungkin tidak akan diminta untuk mendesain terlalu banyak situs web pribadi kecuali itu sebagai bantuan kepada teman atau anggota keluarga yang ingin memulai dan membagikan proyek yang sedang mereka kerjakan. 

Namun, jika Anda baru dalam mendesain situs web, ini bisa menjadi cara yang bagus untuk berlatih di lingkungan bertekanan rendah. Cobalah berlatih merancang situs web satu halaman sederhana yang menarik perhatian pengguna dan membagikan informasi paling penting tentang individu yang menjadi tujuan situs tersebut. Ini bisa menjadi tantangan yang menyenangkan karena Anda tidak akan memiliki banyak konten untuk dikerjakan.

Blog

Blog adalah situs web yang diperbarui secara berkala dengan artikel, juga disebut posting blog. Situs-situs ini dapat dijalankan oleh seorang individu, sekelompok orang, atau bahkan perusahaan. Tujuan dari blog adalah untuk berbagi informasi tentang topik tertentu untuk menarik audiens. Setiap blog berbeda tetapi sebagian besar memiliki tujuan untuk menghasilkan prospek. Dengan memposting konten yang ditulis dan diteliti dengan baik, Anda dapat menentukan peringkat untuk istilah pencarian kata kunci tertentu dan menghasilkan lalu lintas berkualitas yang dapat menghasilkan pelanggan baru. 

Anda akan melihat sebagian besar situs blog terlihat ditemplat dan itu memang disengaja. Perlu ada struktur untuk desain situs web blog. Di backend, situs web ini menggunakan CMS (sistem manajemen konten) . Dengan CMS, Anda dapat membuat, mengelola, memodifikasi, dan mempublikasikan konten dengan antarmuka yang ramah pengguna. Ini memudahkan seseorang untuk memperbarui dan menambahkan konten baru ke blog, daripada harus membayar pengembang web untuk membuat pembaruan ini.

Saat mendesain situs web blog, fokuslah pada struktur situs. Pikirkan tentang bagaimana Anda ingin menampilkan serangkaian posting blog. Ketahuilah bahwa konten akan berubah saat artikel baru diunggah, tetapi bagaimana Anda ingin menampilkan judul, penulis, ringkasan artikel, tombol baca lebih lanjut, dll. Pengalaman pengguna yang baik sangat penting di situs web blog sehingga pengguna dapat dengan mudah menemukannya apa yang mereka cari. 

Situs web bisnis

Sebagian besar bisnis saat ini memiliki situs web. Ini adalah situs web khusus tempat bisnis dapat membagikan apa yang mereka tawarkan, penghargaan dan penghargaan, contoh pekerjaan sebelumnya, testimoni pelanggan, menyelami secara spesifik layanan yang mereka tawarkan, dan apa saja yang membantu menceritakan kisah tentang apa yang dilakukan bisnis dan bagaimana itu membantu orang. 

Desain dan branding sangat penting untuk situs web bisnis, begitulah cara mereka membedakan diri dari kompetisi. Saat merancang situs web jenis ini, penting untuk mengumpulkan sebanyak mungkin informasi dari klien tentang bisnis mereka. Apakah mereka memiliki logo, warna merek, nada suara, gaya fotografi yang sudah ada? Atau apakah mereka perusahaan yang cukup baru yang mencari bantuan di bidang ini juga?

Sebagai seorang desainer, Anda memiliki kesempatan untuk tidak hanya mendesain kehadiran situs web yang bagus untuk bisnis klien Anda, tetapi bahkan mungkin menawarkan layanan logo dan branding yang dapat mereka gunakan sepanjang masa bisnis mereka. Jasa Web di Medan juga bisa membantu anda untuk membuat website yang sesuai dengan kebutuhan anda.

situs web eCommerce

Situs web eCommerce adalah toko online tempat orang dapat membeli produk. Beberapa bisnis memiliki lokasi toko fisik dan toko serta situs web eCommerce untuk menjangkau basis pelanggan yang lebih besar. Ketika pelanggan Anda hidup di internet, Anda memiliki jumlah pelanggan potensial yang tak terbatas yang dapat Anda jangkau. 

Ini adalah jenis situs web yang populer untuk dikerjakan oleh para desainer. Selalu ada bisnis baru yang dimulai setiap hari dan mereka mencari desainer untuk membantu mereka menciptakan kehadiran online yang berkesan untuk menjual produk mereka. Sebagai seorang desainer web, Anda dapat memilih untuk mengkhususkan diri dalam merancang jenis situs web tertentu atau bekerja dengan klien tertentu. Memilih untuk fokus pada situs web eCommerce berarti Anda akan memiliki lebih banyak kesempatan untuk bekerja dengan klien dan mereka bersedia membayar dengan baik karena tujuannya adalah untuk menghasilkan bisnis.

Saat merancang situs web ini, ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan. Pikirkan tentang keberadaan merek dan bagaimana membedakan produk mereka dari pesaing. Organisasi adalah kuncinya, apakah ada beberapa keluarga produk, mungkin rasa atau ukuran yang berbeda? Dengan begitu banyak variasi, penting untuk memastikan pelanggan memahami apa yang mereka beli.

Situs web media sosial

Facebook, Twitter, dan Pinterest adalah contoh situs web media sosial populer. Mereka biasanya dibuat untuk memungkinkan orang berbagi pemikiran dan ide mereka sendiri atau sekadar terhubung dengan orang lain. Situs-situs ini memungkinkan pengguna untuk mengunggah kata-kata, foto, dan video untuk mempersonalisasi umpan mereka. Dengan penyegaran otomatis dan fitur gulir tanpa batas, situs ini cenderung membuat orang sering kembali untuk konten baru. 

Setelah dibuat, jenis situs web ini sebagian besar membutuhkan pemeliharaan backend seperti pengujian dan perbaikan bug. Mungkin ada pembaruan desain sesekali tetapi desain mungkin tidak banyak berubah secara visual bagi pengguna sampai ada rebranding yang signifikan. Sebagian besar perusahaan media sosial memiliki tim desain internal mereka sendiri yang bekerja pada desain dan pengembangan, tetapi Anda mungkin memiliki kesempatan untuk berkolaborasi sebagai desainer kontrak.

Situs web keanggotaan

Situs web keanggotaan menggunakan paywall agar pengguna dapat mengakses konten. Biasanya, ini dibayar secara bulanan atau tahunan dan diperbarui secara berkala dengan konten baru untuk membuat pengguna kembali dan senang memperbarui keanggotaan mereka. 

Karena tujuan situs keanggotaan adalah untuk sering mengunggah konten baru, penting agar CMS di belakang situs mudah digunakan. Untuk alasan ini, perusahaan cenderung menggunakan layanan seperti Kajabi atau Teachable untuk membuat dan memelihara situs keanggotaan mereka. Meskipun mereka mencari bantuan desain, pada awalnya, untuk menciptakan kehadiran bermerek di platform. 

Wiki atau situs forum komunitas

Salah satu situs web yang paling terkenal dan dikunjungi adalah Wikipedia . Wiki dapat dibuat tentang subjek apa pun. Wiki adalah situs web tempat berbagai pengguna dapat berkolaborasi dalam konten, memperbarui, dan membuat perubahan mereka sendiri. 

Situs web forum komunitas menyediakan cara yang terorganisir untuk mempublikasikan diskusi tentang topik tertentu. Pengguna dapat mendaftar untuk memulai dan berkontribusi pada diskusi yang ada. Forum cenderung membantu pengguna memecahkan masalah teknis, salah satunya adalah forum dukungan WordPress .

Karena sifat open-source dari situs web ini, desainnya cenderung tidak ada. Anda akan melihat Wikipedia tidak dirancang dengan baik, pada dasarnya hanya HTML tanpa banyak gaya CSS. Namun, jika Anda ingin membuat forum komunitas Anda sendiri, Anda bisa berkreasi dengan desain dan berkolaborasi dengan pengembang untuk membuat backend bekerja dengan lancar. 

Situs web majalah dan media berita

Situs web majalah dan berita mirip dengan situs web blog dalam strukturnya, tetapi mereka berfokus pada jurnalisme daripada minat dan pendapat pribadi. Situs-situs ini menampilkan artikel, foto, dan video yang informatif dan mendidik. Selama beberapa dekade terakhir, industri majalah dan berita telah bergeser dari pengalaman hanya cetak ke format digital, biasanya ditawarkan melalui layanan berlangganan. 

Perusahaan yang menjalankan situs ini, seperti The New York Times, jarang memperbarui desain atau bekerja dengan desainer individu. Mereka kebanyakan bekerja dengan agensi atau perusahaan yang membantu dengan desain, pengembangan, dan pemeliharaan. 

Situs web streaming video

Situs streaming video seperti YouTube, Netflix, Hulu, Amazon Prime, dan banyak pesaing lainnya telah melonjak popularitasnya selama dekade terakhir. Beberapa gratis, sementara yang lain menawarkan layanan berbayar. 

Mirip dengan situs web media sosial, setelah kerangka situs web ini dirancang, sebagian besar pemeliharaan ada di sisi teknologi. Dengan begitu banyak lalu lintas dan streaming bandwidth, situs web ini membutuhkan banyak pemeliharaan backend. Perusahaan streaming cenderung memiliki tim desain dan pengembangan internal mereka sendiri yang mengerjakan pembaruan jangka panjang.

Portal web

Portal web sering dibuat untuk tujuan internal untuk bisnis, organisasi, sekolah, atau institusi. Mereka biasanya melibatkan login dengan pengalaman yang dipersonalisasi berdasarkan pengguna. Misalnya, universitas mungkin memiliki portal web yang memungkinkan siswa mengakses informasi tentang kursus mereka atau perusahaan mungkin menggunakan portal untuk mengizinkan karyawan mereka meminta cuti dan melihat slip gaji. 

Portal web itu kompleks dan biasanya akan melibatkan desain dan pemrograman yang lebih rumit daripada kebanyakan situs web lain. Untuk alasan ini, perusahaan cenderung mengalihdayakan desain, pengembangan, dan pemeliharaan TI ke perusahaan lain.

Halaman arahan

Halaman arahan adalah situs web satu halaman yang biasanya dibuat untuk kampanye pemasaran yang mendorong pengunjung untuk mengambil tindakan tertentu. Konten dan desain harus to the point dan mengarahkan pengguna ke satu CTA (ajakan bertindak). 

Misalnya, perusahaan mungkin ingin membuat halaman arahan sebagai penghasil prospek untuk bisnis mereka, menawarkan unduhan gratis atau akses ke video dengan imbalan alamat email. Contoh lain dari laman landas mungkin untuk mengedukasi pengguna tentang aplikasi dan mengarahkan pengguna untuk mengunduh dan menggunakannya.

Meskipun ada banyak layanan di luar sana yang memudahkan bisnis untuk membuat halaman arahan mereka sendiri, itu masih merupakan keterampilan yang sangat dibutuhkan. Mengetahui bagaimana merancang halaman arahan yang efektif bisa menjadi keterampilan yang menguntungkan untuk dimiliki sebagai seorang desainer dan Anda mungkin akan memiliki klien tetap. 

Anda juga dapat mencoba mendesain halaman arahan untuk klien di situs seperti 99designs, Fiverr, atau Upwork. Ini adalah cara yang bagus untuk memulai dengan desain web, menambah portofolio Anda dan melanjutkan sambil mendapatkan bayaran untuk pengalaman tersebut. 

Belajar membuat situs web Anda sendiri 

Sekarang setelah Anda mengetahui lebih banyak tentang jenis situs web paling populer di luar sana, Anda memiliki gagasan yang lebih baik tentang semua proyek web potensial yang dapat Anda kerjakan sebagai seorang desainer. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.