Lima ratus tahun yang lalu, tidak ada siaran berita yang disiarkan langsung ke rumah-rumah penduduk. Mereka mengandalkan dari mulut ke mulut selama waktu itu, dan mereka jarang peduli tentang masalah yang tidak berkaitan dengan pemukiman kecil mereka. Raja dan orang penting lainnya yang memiliki wilayah kekuasaan memelihara jaringan utusan mereka sendiri untuk bertukar informasi antara berbagai pos terdepan mereka.

Berita lain tentang interaksi negeri asing dibawa terutama oleh pedagang dan pelancong. Baru pada tahun 1456 Herr Johannes Gutenberg menemukan mesin cetak dan membuka jalan bagi munculnya surat kabar. Namun, butuh 150 tahun lagi untuk surat kabar pertama Kumpulan Informasi Terbaru Di Sekitar Kita di dunia muncul. Mercurius Gallobelgicus diterbitkan di, yang sekarang disebut, Jerman, dalam bahasa Latin. Ini menjadi sangat populer dalam waktu singkat, dan pembacanya menyebar hingga ke Inggris. Surat kabar pertama yang diterbitkan secara teratur muncul pada tahun 1665 sebagai Oxford Gazette. Itu kemudian berganti nama menjadi London Gazette dan masih diterbitkan. Namun, diterbitkan hanya dua kali setiap minggu, itu bukan harian pertama. Butuh 100 tahun lagi sebelum Daily Courant muncul di tempat kejadian.

Surat kabar menjadi lebih populer setelah penemuan komunikasi kabel. Ini memungkinkan ruang redaksi untuk melaporkan perkembangan baru dari seluruh dunia, terutama dari medan perang. Surat kabar juga menjadi sarana penyebaran ideologi organisasi karena hampir semua kelompok politik, pemberontak dan revolusioner mempertahankan corong publikasi mingguan atau bulanan mereka. Dari Napoleon hingga Nazi, semua orang mengeksploitasi surat kabar untuk propaganda mereka, karena memberikan jangkauan yang lebih luas kepada massa.

Penyiaran lahir pada tahun 1901 dengan munculnya komunikasi nirkabel. Saluran radio masih cukup populer di banyak tempat. Dulu mereka adalah satu-satunya sumber berita internasional. Namun, hari ini, mereka memenuhi peran yang sama sekali berbeda dalam melaporkan peristiwa lokal. Di banyak kota, besar dan kecil, orang mengandalkan radio untuk banyak hal penting, seperti informasi lalu lintas langsung dan berita lainnya.

Saluran berita menjadi norma di setiap rumah karena televisi semakin populer. Saat ini, berita online, baik tekstual maupun multimedia, menjadi kata kunci. Banyak saluran berita khusus mulai menyediakan berita khusus tentang niche, seperti keuangan dan olahraga.

Internet membawa revolusi lain di bidang ini. Anda dapat mengakses surat kabar online dan menonton siaran semua saluran berita utama. Saat ini, siapa pun dapat melaporkan video atau berita lainnya secara mandiri menggunakan portal penerbitan sendiri, seperti situs web berbagi video dan blog. Internet secara luas dianggap sebagai masa depan pelaporan berita. Ini sudah menyumbang pangsa pasar berita yang signifikan.

Sejumlah penelitian yang dilakukan oleh berbagai lembaga independen menunjukkan bahwa pembaca surat kabar turun dengan cepat. Pada saat yang sama, mereka juga menyarankan peningkatan dramatis dalam jumlah pembaca versi online dari surat kabar ini. Hampir semua surat kabar besar juga memiliki edisi online.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.