ASUS VG259Q adalah monitor gaming IPS 1080p 144Hz dengan kecepatan waktu respons piksel yang cepat dan kompatibilitas G-SYNC bersertifikat yang memastikan warna yang memukau serta kinerja yang lancar, untuk informasi monitor gaming canggih lainnya di ulasan aoc g2590fx 1080p 144hz 1ms freesync gaming monitor.

Kualitas gambar

Berdasarkan panel AHVA (IPS) oleh AU Optronics, monitor ASUS TUF VG259Q menampilkan sudut pandang lebar 178°, kecerahan puncak 400-nit, rasio kontras statis 1.000:1, dan dukungan kedalaman warna 8-bit yang sebenarnya.

Selanjutnya, gamut warna monitor adalah 72% NTSC, yang setara dengan ~99% ukuran gamut sRGB. Warnanya akurat, konsisten, dan jelas.

Namun, kalibrasi di luar kotak tidak bagus (tergantung pada unit monitor tertentu).

Untuk kualitas gambar yang optimal, diperlukan kalibrasi. Jika Anda menginginkan kualitas gambar terbaik segera, Anda dapat menggunakan preset gambar sRGB yang disediakan untuk reproduksi warna yang presisi.

Namun, perhatikan bahwa Anda tidak dapat menyesuaikan kecerahan monitor saat menggunakan prasetel sRGB, yang disayangkan bagi sebagian pengguna, gambar mungkin terlalu terang dalam mode ini.

Resolusi 1080p menghasilkan kerapatan piksel yang layak sekitar 90 PPI (piksel per inci) pada layar ASUS VG259Q 24,5″ yang dapat dilihat.

Ini berarti ada cukup banyak layar real estat yang tersedia dan teks serta detailnya tajam dan jelas.

Beberapa cahaya IPS kecil, dan bleed cahaya latar terlihat, seperti yang diharapkan dari tampilan panel IPS.

Ini bervariasi antara unit monitor yang berbeda, tetapi dalam kebanyakan kasus, itu hanya terlihat di ruangan gelap dengan latar belakang hitam pekat di layar, dan itu sepenuhnya dapat ditoleransi, jika Anda ingin membeli monitor gaming terbaru dan tercanggih Anda dapat membelinya di Gaming Monitor Singapore dengan harga terjangkau.

Pertunjukan

Meskipun kualitas gambar dari monitor IPS ASUS VG259Q tidak ada yang luar biasa (bagus, tapi tidak ada yang istimewa mengingat harganya), performanya adalah di mana segalanya mulai memanas.

Dengan kecepatan waktu respons piksel 3 ms (GtG), ada sesedikit mungkin keburaman gerakan dan ketertinggalan di belakang objek yang bergerak cepat untuk monitor 144Hz.

Sekarang, untuk mendapatkan waktu respons 3 md yang ditentukan, Anda perlu menyetel opsi overdrive ‘TraceFree’ ke 100; skalanya dari 0 hingga 100 dengan kelipatan 20.

Namun, itu memperkenalkan banyak overshoot piksel. Sebaiknya atur ke 40 atau 60 karena dengan cara itu Anda tidak akan mendapatkan overshoot atau ghosting.

Atau, Anda dapat menggunakan teknologi Extreme Low Motion Blur (ELMB) untuk mendapatkan 1ms MPRT (Moving Picture Response Time).

Teknologi ini semakin menghilangkan ghosting yang terlihat dengan nyala lampu latar dan memberikan kejernihan gerakan seperti CRT. Namun, ini hanya dapat digunakan pada kecepatan refresh tetap 100Hz, 120Hz, atau 144Hz.

Selain itu, ini mengurangi pencahayaan maksimum monitor saat aktif, tetapi dengan kecerahan puncak 400-nit, monitor lebih dari cukup terang bahkan dengan fitur ini diaktifkan.

ASUS VG259Q mendukung AMD FreeSync dengan rentang variable refresh rate (VRR) 48-144Hz dan dukungan LFC (Low Framerate Compensation).

NVIDIA juga mengesahkannya sebagai kompatibel dengan G-SYNC, sehingga Anda dapat menggunakan FreeSync dengan kartu NVIDIA yang kompatibel (seri GTX 10 atau yang lebih baru) melalui DisplayPort.

FreeSync memungkinkan monitor untuk mengubah kecepatan refreshnya sesuai dengan kecepatan bingkai GPU, sehingga menghilangkan layar yang sobek dan tersendat tanpa menambahkan penalti lag input yang besar seperti yang dilakukan VSYNC.

Perhatikan bahwa ELMB dan FreeSync tidak dapat diaktifkan secara bersamaan di monitor ini.

Terakhir, input lag ASUS VG259Q mencapai ~4ms, yang membuat penundaan yang tidak terlihat pada 144Hz.

Fitur

Menu OSD (On-Screen Display) monitor ramah pengguna dan mudah dinavigasi berkat joystick 5 arah yang ditempatkan di bagian belakang monitor.

Selain joystick, ada empat tombol yang dapat Anda gunakan untuk bertukar antar sumber input dengan cepat, fitur GamePlus dan GameVisual, serta power on/off.

Fitur GamePlus terdiri dari pengatur waktu di layar, pelacak, dan garis bidik, sementara GameVisual menawarkan prasetel gambar yang telah dikalibrasi sebelumnya (Pemandangan, Balap, Bioskop, RTS/RPG, FPS, sRGB, dan MOBA).

Anda juga akan menemukan tiga profil untuk menyimpan/memuat pengaturan Anda serta alat penyesuaian gambar standar lainnya seperti kontras, kecerahan, ketajaman, suhu warna, saturasi, dll.

Monitor ini memiliki lampu latar bebas kedip dan filter cahaya biru rendah terintegrasi, yang memastikan pengalaman menonton yang nyaman di mata Anda.

Terakhir, ada fitur Shadow Boost, yang meningkatkan visibilitas objek dalam bayangan dengan mengubah kelengkungan gamma.

Desain & Konektivitas

Desain Gaming Monitors ASUS VG259Q menampilkan dudukan yang sepenuhnya ergonomis dengan penyesuaian ketinggian hingga 130mm, putar +/- 90°, pivot 90°, kemiringan -5°/33°, dan kompatibilitas pemasangan VESA 100x100mm.

ASUS menerapkan filter gambar aneh ke layar, yang membuat teks tampak agak kabur dan buram. Beberapa pengguna mungkin menganggapnya mengganggu, sementara yang lain mungkin tidak terganggu oleh itu semua, hanya sesuatu yang perlu diingat.  

Pilihan konektivitas termasuk dua port HDMI 1.4, input DisplayPort 1.2 tunggal, jack headphone, dan speaker terintegrasi 2W ganda. Ketiga input mendukung 1080p hingga 144Hz.

Leave a Reply

Your email address will not be published.